Strategi Melipatgandakan Omzet Bisnis

img src: Envato

Melipatgandakan omzet dari bisnis merupakan dambaan semua orang. Agar omzet dapat naik, diperlukan strategi yang tepat untuk dilakukan. Kali ini, akan coba kita bahas mengenai strategi melipatgandakan omzet bisnis. Strategi ini tidak dapat dikatakan tepat, tapi cukup ampuh jika diaplikasikan. Kalian dapat mengaplikasikannya sesuai kebutuhan bisnis ya! 

Nah, berikut strateginya. Yuk simak!

Pertamahal yang sebisa mungkin harus kita lakukan adalah Menaikkan Traffic (Pengunjung). 
Traffic atau pengunjung adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis, terutama online business. Semakin tinggi pengunjung, maka kemungkinan kita bisa closing (close won) juga semakin tinggi. Nah, untuk menaikkan pengunjung ini, kita perlu juga melakukan hal berikut,
  • Market research (riset pasar). Dengan melakukan riset pasar, kita akan lebih mengerti siapa saja kompetitor kita. Kita juga akan lebih mengerti persebaran produk atau bisnis kita ini sudah cukup populer atau belum, sehingga mungkin diperlukan penambahan variasi bisnis atau tidak. Manfaat lain dari riset pasar adalah kita akan lebih mengenal siapa saja yang mungkin dapat kita jadikan kolaborator untuk memajukan bisnis kita. Masih banyak sekali manfaat dari market research ini.
  • Content research (riset konten). Manfaat dari melakukan riset konten adalah kita akan lebih mengetahui konten-konten yang sedang tren, sehingga dapat kita jadikan sebagai ide untuk konten kita. Selain itu kita juga akan lebih paham terhadap konten yang cocok dengan bisnis kita. Membuat konten bermacam-macam jenis dan tipsnya. Tenang saja, kamu bisa menggunakan tips Mengolah Emosi Customer dengan Kontenmu!. Jika ingin hasil yang lebih cepat, kita dapat mengoptimasi dengan penggunaan iklan, seperti Facebook Ads, Google Ads, dan jenis iklan lainnya.
Kedua, adalah dengan Menaikkan Volume Pembelian. Cara menaikkkan volume pembelian adalah dengan menambahkan nilai (value added) dari produk atau jasa yang kita jual. Misalnya, dengan memberikan gratis ongkir, pemberian voucher buy 2 get 1 free, dan masih banyak lagi. Memberikan value added juga akan membuat customer semakin loyal terhadap kita. Selanjutnya adalah paket bundling, misalnya produk bisnis kita adalah produk skincare, yang bisa kita lakukan misalnya dengan memberikan harga lebih murah 5% jika membeli paket bundling yang isinya facial wash, toner, dan serum dibandingkan membelinya satu persatu. Contoh value added gratis ongkir dari Shopee dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

img src: Shopee

Misalnya kamu dapat membuat campaign seperti ini.
img src: VectorStock


Ketiga, adalah dengan Menaikkan Frekuensi Pembelian. Hal yang dapat dilakukan untuk menaikkan frekuensi pembelian adalah dengan memberikan diskon untuk pembelian selanjutnya, cashback, dan juga dapat menerapkan sistem reseller atau dropshipping. Contoh campaign cashback dari bibit ft. gopay dapat dilihat di gambar di bawah ini.

img src: bibit


Keempat, adalah Menaikkan Harga Produk. Loh, kok malah dinaikkan? Iya, menaikkan. Kita bisa menggunakan sistem pre order (PO). Misalnya, "Buka PO untuk produk X, setelah masa PO habis, harga akan naik". Atau diperjelas saja harganya, harga PO dan non-PO agar lebih terlihat jelas perbedaannya. Pada kondisi tertentu kita dapat menjual produk second brand kita dengan menaikkan harga produk kita yang lain, dan menggunakan harga standar untuk produk second brand. Contoh campaign pre order dari Samsung Galaxy dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

img src: Samsung Galaxy


Nah, begitulah kira-kira beberapa strategi melipatgandakan omzet bisnis kita. Semoga bermanfaat! Jika ada pertanyaan atau masukan bisa langsung tulis di kolom komentar ya! Terima kasih. 😊

Komentar